Tuesday, June 18, 2019

Bandung dan Pelatnas

Selepas OSN 2018 di Padang tahun lalu dan mendapatkan medali perunggu,  walaupun masih penasaran sama medali emas dan karena masih kelas XI jadi masih bisa milih mau OSN lagi atau mau lanjut ke Pelatnas, sempat bingung dan akhirnya mas Jek memutuskan untuk lanjut ke Pelatnas, ibu dan ay memberikan saran-saran dan pertimbangan, keputusan ada ditangan mas jek, karena kan dia yang akan menjalani. Bismillah.

Pelatnas 1
diselenggarakan tanggal 16 September-15 Oktober 2018
Selama 4 minggu dan diikuti oleh 33 siswa .
Saat jemput pulang ketemu sama mba Nita dan keluarga  yang mau jemput anandan Lukman yang sama - sama  wakil dari  Jakarta

bertempat di Dago Hills Bandung, jadwal yang panjang dan padat, selama sebulan itu.  Kita antar tanggal 16 September beramai-ramai, 2 minggu kemudian kita tengokin dan selesainya kita ke Bandung lagi untuk jemput si mas jek, kelar dari sini langsung tepar deh si mas jek, sakit, nampaknya kecapaian ya.  Menunggu hasilnya sungguh buat deg-degan, teman si mas yang bidang lain ada yang langsung diumumkan hari itu juga sementara hasil bidang Astronomi belum.

Disela-sela menanti pengumuman, mari kita mencocokkan jadwal, berdasarkan informasi kakel diperkirakan :

P1 september-oktober
P2 februari-maret 2019
P3 juli-agustus 2019
P4 oktober-november 2019

So far jadwal Pelatnas 1 sudah terbukti kebenarannya, sesuai perkiraan.
Dan pengumuman hasil Pelatnas 1 didapat  tanggal 5 Januari 2019, lama juga ya, walau di suratnya sih termyata hasilnya sudah diputuskan sejak 27 Oktober 2018 dan dari semula 33 peserta, jumlahnya untuk pelatnas 2 nanti menjadi 17 Peserta dan alhamdulillah mas jek termasuk salah satunya.

Pelatnas 2
Perkiraan P 2 Februari - Maret 2019
Tanggal 12 Februari 2019 dapat surat pembinaan untuk Pelatnas 2
pelatnas 2 diselenggarakan tanggal 24 Februari -10 Maret 2019 (cocok perkiraannya)
Kali ini lamanya 2 minggu dan diikuti oleh 17 siswa, bertempat di Wisma Balai Perguruan Kartini Bandung

Berangkat naik argo parahyangan sehari sebelumnya berdua mas jek,kebetulan ay ada acara kantor yang udah direncanakan lama, pertama kalinya ibu pergi ke Bandung naik kereta ini, hi hi senang banget deh, kalau anak yang nginap di Wismanya sih free of charge karena ini ada emaknya jadi musti bayar, 2 minggu sebelumnya ibu telp kesana untuk booking satu malam saja.

Menunggu Argo Parahyangan di Stasiun Bekasi

Karena berangkatnya sore, tanggung deh pesan makan aja sekalian di kereta, ibu nasgor, mas jek Hokben

Nasi gorengnya, waktu jaman bolak balik ke Semarang tahun 2002 naik kereta bisnis, pake piring disajikannya dan kayaknya rasanya lebih enak yang dulu deh
Besok paginya ibu pulang dari wisma naik gojek ke stasiun Bandung, dekat kok dan turun di stasiun bekasi, siangnya udah dirumah lagi sama  bocah yang dua.

Pulang Pelatnas 2, seperti biasanya jemput rame-rame, kita nginap di Aston Braga Bandung dan begitu sampe sebelum masuk ke Hotel tengokin mas jek dulu dong.



dan ini pas keesokan harinya saat mas jek break kelas Pelatnas 2
Saatnya pulang

Di Pelatnas 2 ini ada kisah sepatu yang hilang, ternyata sepatu hitam yang dipakai mas jek saat dijemput adalah sepatu baru, baru dibeli beberapa hari sebelumnya, jadi beberapa hari sebelumnya, 3 orang peserta termasuk mas jek, selepas salat di Masjid masi dilingkungan wismanya, sepatunya hilang dan karena mereka harus pakai sepatu saat pergi ke Observarium Bosscha jadi mas jek dan 2 temannya  beli sepatu lagi .

Pelatnas 3
Peserta 8 siswa dan yang akan menjadi Timnas 5 siswa,3 siswa tereleminasi, tempat wisma Balai Perguruan Kartini Bandung

Perkiraan P3 juli-agustus 2019 meleset nih, ternyata  tanggal 8 April 2019 lalu dapat surat pembinaan 3 dimana mas jek lanjut dan pelatnasnya ternyata tanggal 19 Mei - 25 Mei 2019 (seminggu dan pas bulan puasa), mungkin karena IOAA nya awal Agustus jadi tanggal pembinaannya juga menyesuaikan jadwalnya nih. OMG bulan puasa,secara Ibu pernah  nginap disana dan waktu itu sampai hampir tengah malam masih ada kegiatan. Pelatnas 3 ini adalah pelatnas penentuan karena di Pelatnas 3 ini akan ada pengumuman siapa yang berangkat untuk Olimpiade Astronomi Internasional di Hungaria awal Agustus 2019 nanti.

Karena mulai acaranya sore jadilah Minggu 19 Mei 2019 itu pas banget ayah ulang tahun, kita antar mas jek ke Bandung,karena pertimbangan bulan puasa dan ngeri macet Cikampek, akhirnya kita naik kereta bertiga, mas jek diantar ibu dan ayah, adik-adik gak ikut biar dirumah aja lagian ibu dan ay langsung balik sore harinya.


Ada kisah kacamata ini dan juga paket yang bikin gemes pas P3 ini nih, jadi ceritanya mas Jek merasa kacamata yang dia pakai gak nyaman buat dia pusing, kacamata ini baru aja diganti lensanya menyesuaikan dengan hasil periksa mata terakhir dan baru dia pakai, ndilalah kacamata cadangan gak dibawa, jadilah sepanjang jalan dari Bekasi menuju Bandung, ibu menginstruksikan orang rumah untuk kirim kacamatanya pake paket yang sehari sampe.  Hari Sabtu itu langsung deh kacamatanya di paketin ke wisma tepat mas jek nginap di Bandung. Katanya besok Minggu baru sampai karena datang kirim paketnya jam 11.00 WIB.

Tapi untuk jaga-jaga selepas kita taruh barang di Wisma, kita ngemall dulu di Cihampelas, dan cari Optik Seis dan kacamatanya ternyata terlalu kencang  jadilah dilonggarin sampe rasanya nyaman dipakainya.  Setelah itu  baru deh kita balik ke wisma lagi (alhamdulillah banget ambil opsi ini karena kacamatanya ternyata baru sampai hari Rabunya).   Karena jadwal kereta ibu dan ay masih lama jadinya numpang istirahat dulu di masjid di wismanya, kebetulan ay juga ada janjian ma temannya di Bandung yang nyamperin kita.

Ternyata ada info bawa paspor yang terlewatkan, jadi walaupun belum jelas siapa nanti yang akan berangkat tapi tetap harus siap-siap semuanya harus mengumpulan paspor. Atas saran teman ay, paspor akan kita kirim pake X-Trans besok Pagi (senin Pagi), jadi senin paginya jam 6 pagi ibu ma ay ke X-Trans Sudirman dan disana minta tolong teman ay yang akan ambil di Pasteur dan yang akan serahin ke mas jek, siangnya sudah dapat kabar paket Paspor  sudah sampai dan ternyata paket kacamatanya belum sampai  juga senin itu dan baru sampai hari Rabunya tanggal 22 Mei 2019, hmmm apa kabarnya ya katanya sehari sampai..., kalau tau Sabtu baru sampe rabu, mungkin pilih yang reguler aja ya gak yang paling cepat ..hadeeuh senewen banget dari Senin sampe Rabu itu.

Dihari Jumat, ibu ma ay bergantian telp mas jek kasih semangat, jadi apapun hasilnya nanti, intinya jangan berkecil hati karena sudah sampai sejauh ini aja sudah luar biasa banget, jadi harus siap mental kalau kepilih alhamdulillah kalau engga tidak boleh down .

Hari Sabtu yang menegangkan akhirnya tiba, siang-siang ay ditelp mas jek, ibu dengar sayup-sayup karena baru bangun tidur dikamar, karena ibu dengar ay bilang ya udah gak pa pa mas, ibu pikir gak masuk nih.

Gak lama ay masuk kamar dan bilang kalau mas jek masuk ke Timnas, alhamdulillah banget ya, gak lama banyak WA yang kasih selamat, ternyata saat pengumuman ditayangkan LIVE di IG TOASTI Official.






Teman mas jek sama-sama wakil dari Jakarta juga pas OSN Astronomi  tahun  2018 lalu


Dan saatnya pulang, karena bulan puasa takut macet karena mau jemput rame-rame, kita minta tolong tetangga buat sopirin dan ternyata Minggu ini jalanan sangat-sangat lancar, saking lancarnya pas baliknya ke Jakarta hanya perlu 1.5 jam, nampaknya orang-orang sedang menyiapkan enarginya untuk mudik.

Rame-rame terus memang ciri khas kita, kemana-mana maunya barengan dan juga wujud dari dukungan kita sebagai orangtua buat anak pas juga kita bisa waktunya, mau bantuin belajar kan gak bisa euyyy.
adik udah kangen sama masnya nih


Bulan besok sudah ada jadwal untuk pelatnas 4 nya dan setelahnya langsung siap-siap berangkat untuk olimpade Astronomi Internasional ( IOAA 2019 ) yang akan  berlangsung di  Keszthely Hungaria tangal  2-10 Agustus 2019.


Mohon doanya ya semuanya semoga Tim Nasional Astronomi Indonesia bisa meraih Emas sebanyak-banyaknya nanti, Aamiin.

8 comments:

  1. Woww....kerennya, mbak! Selamat buat mas Dzaky yaaa.... Semoga sukses!

    ReplyDelete
  2. wauw..mas jeck keren…
    semoga bisa meraih hasil yang terbaik..

    ReplyDelete
  3. Wah ceritanya banyak ya selama Pelatnas, Mbak.
    Sepatu sampai hilang beberapa kali....
    Sukses selalu buat Mas Jek ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya ceritanya dari pelatnas 1 sd 3 jadinya banyak deh...

      Aamiin terimakasih mba Zee

      Delete

ikutan yuks

Akhirussanah dan Rihlah Angkatan 16

Tidak terasa tiba juga saatnya kaka Fai melanjutkan pendidikan ke jenjang yang selanjutnya, kaka Fai yang 6 tahun lalu masuk SD, kecil mun...