Monday, August 05, 2019

Hari - hari Kemarin, gempa, Nasi Aron dan Jakarta Blackout

Saat Jumat Malam lalu terjadi Gempa di Banten, getaran yang terasa cukup menghebohkan Jakarta dan sekitarnya karena gempanya cukup besar 7.4 SR, kebetulan saat itu dirumah hanya berempat Ibu dan 2 anak terkecil tidak menyadarinya  sejurus kemudian, terjadi kehebohan di lantai bawah, dari rumah belakang adik Ibu bilang ada gempa, masih gak percaya gak langsung turun kebawah, intip dulu dari jendela kamar, apakah tetangga-tetangga pada keluar rumah, hmmm tidak ada yang keluar, sunyi senyap seperti biasanya.

Saat kejadian, ibu dan Raffa sedang dikamar, Ibu sedang membereskan pakaian lagi ngedeprok ( ha ha ha bahasa apa ini ya)  dilantai,Raffa sedang main sambil tiduran dan sambil  dengar murotal di kamar ibu, Ay yang telp dari Bandung keheranan bagaimana serumah cuma Om Dido yang ada di kamar di rumah lantai 1 yang menyadari ada gempa, ibu bilang memang ibu pusing tapi karena biasa selalu pusing kalau baru hari pertama puasa  jadi gak menyadari kalau pusing kali ini karena gempa, walau gak menyadari adanya gempa, tapi 2 bocah ibu dan ibu juga mengalami pusing2.  Gak kebayang bagaimana gempa  Lombok dan Palu  yang menimpa saudara-saudara kita.

Kemarin, adalah hari minggu yang berjalan seperti biasanya, paginya anak ibu si bolu ada kegiatan Taekwondo dan rencana siang itu adalah menonton, tiket sudah dibeli via MTix, ay dan ibu berencana menonton Fast & Furios Hobbs & Shaw, sementara 2 bocah terkecil dan sepupu mereka ditemani TU adik ibu menonton Lion King, sebelum sampai GMM masih mampir barbershop karena kaka fai minta potong rambut dan mampir mini market. Selesai bayar dan tinggal tunggu makanan, mati lampu sebentar, hanya sebentar saja karena gak lama langsung menyala lagi, (baru tahu kemudian kalau itu genset yang nyala) mau print tiket harus menunggu dulu sebagai imbas padamnya listrik sebelumnya.  Sempat blank sebentar layar bioskopnya dan kemudian lancar sampai Filmnya selesai dan sore hari sudah kembali kerumah, kebetulan sejak siang setelah mati listrik itu Handphone ibu tidak bisa dipakai sama sekali, Ay yang satu provider dan pakai yang pasca pun tidak bisa dipakai Handphonenya, tidak bisa ngapa-ngapain, untungnya masih ada yang pakai Provider lainnya jadi kita bisa tahu kalau ada kehebohan kalau listrik akan mati sampai lebih kurang 6 jam kedepan. Perjalanan menuju rumah tanpa Traffic Light, dan begitu mau mau masuk komplek rumah, heran juga kok In** dan Al*** pada tutup, wah serius ini mati lampunya...sejak bertahun-tahun lalu memang tidak pernah lama kalau listrik  padam,  kalau padam sebentar saja biasanya kita sudah telp PLN, gak lama menyala lagi, nah kemarin telp rumah pun tidak berfungsi, waw banget deh.

Karena tidak tahu prediksinya kapan Listrik  akan menyala lagi, jadilah diputuskan masak nasi dengan cara jaman dulu sebelum ada rice cooker, jadi didapur rumah nenek yang masak nasi pakai panci (istilah jaman dulu ngaron) dan setelahnya dipindahkan ke kukusan, alhamdulillah sukses masaknya, jam 17 sudah matang nasinya , kalau yang belum tahu cara masak dengan nasi aron, masaknya mudah saja jadi beras dan air di masak di panci yang agak tebal dan diaduk aduk sampai airnya tiris dan setelahnya dipindahkan ke dandang/kukusan, dimasak lagi kira-kira 20 menitan. 30 Menit setelah nasi matang listrik  sudah menyala listrik dirumah, semua kembali normal, wifi juga lancar jaya, dari situ baru tahu kalau kali ini cakupan mati listriknya luas sekali, kalau dirumah ibu kemarin 5.5 jam, teman-teman lainnya ada yang mengalami sampai 12 jam,. bahkan 16 jam lho, hari ini pun bahkan masih ada yang listriknya padam kembali, bahkan barusan FB teman Ibu statusnya listrik padam sudah lebih dari 24 jam, masih sekecamatan yang sama nih rumahnya.
Gambar dari FB teman
Merasakan 1.5 jam (dari pukul 16.00 sd 17.30 ) tanpa listrik aja rasanya gimana gitu ya...rasanya mood jadi berantakan, kebayang nanti tidur malam bakalan gerah, dan banyak nyamuk.. belum yang punya stock ASIP ya, pasti  bingung jadinya , untuk beritanya bisa lihat disini, semoga semua masalah yang dihadapi PLN segera selesai ya, gak kebayang kalau lama begitu padamnya, dan berasa banget ketergantungan kita terhadap listrik dan semua yang menyertainya, gak bisa ngapa-ngapain, benar-benar terasa terasing banget jadinya, padahal pernah ngalamin saat kecil dulu dirumah belum masuk  listrik (padahal Jakarta ...) dan masih pake lampu templok/teplok/lampu minyak  dan Petromaks, gimana generasi masa kini ya...yang tidak kenal memasak nasi pake dandang, yang tidak tau lampu petromaks, lampu teploks, pompa air manual dl

Banyak tips-tips dari temn-teman  yang berseliweran di media sosial sehubungan Jakarta Blackout ini, bagus-bagus juga nih tipsnya, ibu coba rangkum disini ya:
  • Jangan lupa bersyukur ketika diberikan kemudahan, rumah terang, ac dingin,  sinyal inet ok, gak ada itu semua kita kebingungan
  • Milikilah  emergency lamp dan jangan lupa di charge, kan gak lucu kalau ada emergency lamp tapi gak bisa nyala juga saat listrik padam (yang ini pengalaman pribadi nih..)
  •  Segala yang online online tidak bisa diandalkan, tidak bisa bayar pakai ovo, go pay, Dana, jadi milikilah uang tunai juga .
  • Jangan tunda-tunda belajar atau kerjakan tugas
  • Masak nasi harus bisa selain pake rice cooker.
  • Laptop, power bank sehabis dipakai diisi lagi
  • Punya cadangan air, misalnya isi bank mandi, ember, Tandon Air
  • Hemat menggunakaan listrik dan air saat listrik nyala ataupun padam...
apa lagi ya, segitu dulu deh ya.

10 comments:

  1. gelap di mana-mana ya mbak aku sampe kehannisan air juga dan berakhir nginep di luar hihih. Apa kabar mbak? duh lama gak bw ke sini kanget, sehat-sehat kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sebentar aja gelapnya nih, kabarnya baik2 alhamdulillah, ini CalVin pasti udah pada gede gede ya, kok ga pernha kertemuan lagi ya kita di mall he he he

      Delete
  2. Semoga persoalan listrik di sana bisa cepat kelar ya mbak, hidup tanpa listrik hari gini tuh memang bikin sengsara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jeng Lisa, sudah mulai normal kembali nih.

      Delete
  3. Sama nih, waktu gempa disangkain pusing, pas liat lampu kok goyang, baru ngeh kalo gempa. Langsung keluar rumah dan khawatir kalau dari Tangkuban Parahu, ternyata bukan. Tetep aja malam itu ngga bisa tidur nyenyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tetap kuatir ya Bu, malamnya juga gak tenang kuatir ada gempa susulan..

      Delete
  4. aku kalau sama gempa parno banget soale pengalaman pas gempa jogja th 2006. Ngalamin sendiri dan banyak saudara yang terluka dan meninggal. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin...semoga kita semua selalu dalam LindunganNya

      Delete
  5. Waktu listrik padam kupikir mau kiamat, soalnya hawanya lain dr biasanya
    Sungguh aku takut ga bisa tidur
    Tp pas kuingat2 lg itu kn hari minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya, ga bisa ngapa2in ya kl listrik padam, matgay jadinya mba

      Delete

ikutan yuks

Kumpul Keluarga di Lembang sebelum ada Omicron

 Sekarang sudah normal lagi ya kayak biasanya, cerita tersisa tahun 2021 lalu. Bulan November 2021 pecah telor, akhirnya kumpul-kumpul  lagi...